Pages

Friday, April 25, 2014

Apa kata mereka tentang Agama



Diambil dari kitab “ دين الإنسان  
Oleh Faras As sawah
Apa kata mereka tentang Agama:
Herbert Spencer dalam bukunya First Principles mengatakan bahwa: “ Agama dengan segala perbedaannya pada keyakinan, terjadi kesepakatan yang konsisten pada perkara alam semesta bahwa adanya alam semesta merupakan sebuah rahasia yang memerlukan penjelasan”. Dan agama menurutnya adalah “ Keyakinan kepada adanya yang ghaib pada sesuatu yang masih samar dan tidak mampu untuk kita pahami”

Max Muller, seorang sejarahwan agama dan filosof Jerman dalam bukunya Introduction To The Science of Religion berkata tentang hal ini: “ Agama ialah suatu pencarian untuk menggambarkan sesuatu yang tidak mungkin kita gambarkan, dan mengatakan sesuatu yang tidak mungkin kita ungkapkan, karena dia melewati sesuatu yang tiada batas”.



M. Re’ville dalam bukunya Prolegomena To The History of Religions berkata: Agama merupakan persyaratan kehidupan manusia dengan perasaan keterikatan antara akal manusia dengan akal misteri yang mengontrol alam semesta dan dengan demikian muncullah perasaan gembira dan senang”.
B. A. Grrish, F. Schleirmacher (1768-1834) dalam bukunya Encyclopedia of Religion berkata: “ Agama adalah merasa perasaan yang tiada batas  dan mencobanya

No comments:

Post a Comment